Analisis M Porter

SCM (Supply Chain Management) adalah seperangkat pendekatan untuk mengefisienkan integrasi supplier, manufaktur, dan penyimpanan, sehingga barang diproduksi dan didistribusikan dalam jumlah yang tepat, lokasi yang tepat, waktu yang tepat, untuk meminimasi biaya dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen (simchi-levi ). Aktivitas SCM pada perusahaan retail Circle K dimulai dari dimulai dari penyiapan armada untuk mengoptimalkan kegiatan operasional perusahaan karena perusahaan tersebut itu sendiri bergerak dalam bidang retail sampai kepada konsumen maupun pelanggan yang ada.

Tekanan yang dihadapi perusahaan retail Circle K sendiri adalah begitu banyaknya perusahaan sejenis dari dalam maupun luar, tetapi perusahaan retail Circle K sendiri adalah merupakan perusahaan retail yang sudah cukup terkenal meskipun berasal dari luar negeri dan terpecaya di Indonesia jadi masih merupakan pilihan utama para masyarakat, dan juga menguntungkan negara Indonesia sendiri. Diantara perusahaan-perusahan yang bergerak sejenis diantaranya adalah Alfamart,Indomart,Giant,Hypermart,dan lain-lain.