ViISI DAN MISI CIRCLE K MINIMART ( RETAIL )

1. VISI DAN MISI BISNIS RETAIL DI INDONESIA

CIRCLE K MINIMART


Bisnis retail yang ada di Indonesia kini dalam periode terakhir kian bertambah banyak.Di sini akan membahas tentang visi dan misi sebuah bisnis retail yang berasal dari Amerika yang kini telah bertahan cukup lama dan berkembang dengan pesat di Indonesia yaitu Circle K Minimart.

SEJARAH

Sejarah Circle K dimulai ketika seorang businessman,Fred Harvey di El Paso Texas melakukan sebuah gebrakan dengan membangun 3 buah toko di sebuah perumahan kecil yang bernama Kay's Drive In Grocery.
Tosco Marketing Company Food Stores Inc dibentuk ketika Mr.Harvey menagmbil huruf "K" dari "Kay's" Drive In dan mengelilinginya dengan lingkarang berwarna merah.











Pada tahun 2003,Circle K diakusisi oleh ACT milik Couche Tard yang merupakan jaringan convevience store terbesar kedua di Amerika.Kini Circle K menjadi convevience store dengan pertumbuhan yang cepat di Asia,dengan 3500 store di Indonesia khususnya kota besar.
Di Indonesia,Circle K pertama kali berdiri di Jakarta tahun 1986 oleh Yayasan Trisakti.Kemudian diambil alih oleh PT.Circleka Indonesia Waserba pada tahun 1989.Kini Circle K juga telah berdiri di beberapa kota-kota besar lain di Indonesia seperti Bali,Bandung,dan Jogjakarta.

FOTO CIRCLE K MINIMART YANG ADA DI INDONESIA




















VISI
Menjadi ahli dalam convevience store di Indonesia dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dengan pengembangan jaringan yang didukung oleh sistem dan organisasi yang tangguh.

MISI
Menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan melalui pemilihan kegiatan produk promosi yang kreatif serta menciptakan lingkungan berbelanja yang aman dan nyaman.
Menciptakan proses kerja yang terintegrasi diantara fungsi-fungsi dalam organisasi dan secara terus menerus meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia.

2.ANALISISLAH APAKAH VISI TERSEBUT SUDAH MASUK KATEGORI MANAJEMEN STRATEGIK ATAU BELUM.
Visi bisnis retail di atas sudah termasuk dalam manajemen strategik karena visi tersebut mengutamakan kepuasan pelanggan dengan pengembangan jaringan yang di dukung oleh sistem organisasi yang handal.

3.APAKAH PERNYATAAN MISI MAMPU MENJAWAB PERTANYAAN BAGAIMANA MENCAPAI VISI??
Pernyataan misi sudah mampu menjawab pertanyaan bagaimana mencapai visi karena di samping mengutamakan kepuasan pelanggan bisnis ini juga menciptakan suasana berbelanja yang menyenangkan,aman,dan nyaman bagi para pelanggan.